Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Perangkat keras komputer




Perangkat keras atau yang bisa di sebut hardware ialah komponen komuter yang berbentuk benda terlihat dan bisa di pegang seperti monitor, dan komponen yang ada di dalam CPU. Harware ini sangatlah di perlukan guna sebagai alat yang wajib ada untuk bisa tersusunya sebuah komputer, banyak hal yang bisa kita ketahui dari hardware komputer dan inilah beberapa yang harus kalian ketahui mengenai perangkatkeras komputer (hardware).


Di dalam komputer terdapat barbagai komponen yang mungkin sobat sekalianbelum mengetahuinya secara lebih jeli, dalam hardware komputer di bagi menjadi 3 yaitu OUT-PUT ,  IN-PUT, dan perangkat STRORAGE berikut penjelasannya



Perangkat IN-PUT

Perangkat masukkan ialah sebuah perangkat yang berfungsi memasukkan data/perintah ke komputer lalu komputer akan memprosesnya menjadi output. Ada beberapa alat input diantaranya

1. keyboard

Keboard ialah papan ketikkan yang memasukkan perintah dengan simbol dan huruf ke dalam komputer.keyboard ini juga wajib ada dalam sebuah perangkat komputer.

2. mouse


Mouse dalam bahas indonesia berarti tikus, ya memang ada sangkut pautnya dengan tikus, berntuknya yang kecil di identikan sebagai peralatan yang bisa menggeser kursor. Adanya obtik yang berada di dalam nya membuat mouse memiliki sinar obtik yang bisa menggerakkan kursor dengan hanya menggerakkan mouse.

3. Joystick


Adalah alat yang digunakkan dalam program permainan atau game, alat ini biasanya memiliki landasan plastic persegi atau segi empat tempat tuas vertical tombol control pada dasar dan terkadang  diatas tuas sehingga dapat digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakkan objek pada monitor. Joystick dapat dihubungkan dengan komputer melalui port khusus yang disebut dengan game port atau joystick port. Tidak semua komputer mempunyai port ini jika ingin memasang joystick pada komputer harus menambahkan card khusus.

4. Scanner


Merupakan alat untuk membaca gambar atau tulisan yang berasal dari suatu kertas atau objek lain 2 Dimensi kedalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor. Pada awalnya scanner dibuat hanya untuk memasukkan contoh atau sample.Pada selembar kertas dan menjalankan operasi berdasarkan nilai yang diterimanya. Namun, dengan perkembangan yang maju, Scanner dapat digunakan untuk memasukkan objek dari suatu benda secara langsung seperti gambar 3 D.



Perangkat OUT-PUT

Perangkat output ialah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data/perintah yang telah dilakukan oleh komputer. Intinya hasil dari perangkat ini berbentuk pengeluaran dari hasil kerja dari perangkat output. Berikut macam macam perangkat output pda komputer

1. monitor


Output ini termasuk alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada layar. Baik berupa karakter, gambar maupun warna. Secara umum monitor terbagi atas Cathode Ray Tube (CRT),  Liquid Crystal Display (LCD),  Light-emiting diode (LED),  Gas Plasma  .


2. speaker


Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar  hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat

3. printer


Printer berfungsi untuk mencetak ouput yang dikeluarkan oleh process device




Perangkat  strorage divice

Strorage device atau biasa disebut dengan Memori Eksternal, berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data secara permanen (tidak seperti memory internal, dimana data dapat hilang apabila satu daya ke komponen tersebut diputuskan). Ada beberapa perangkat strorage device diantaranya

1. Floppy Disk Drive (FDD)




Secara fisik, floppy disk yang saat ini sering digunakan terdiri dari 2 jenis, yaitu 5,25 inchi dan 3,5 inchi, dimana masing-masing ukuran memiliki 2 type kapasitas, yaitu Double Density (DD) dan High Density (HD)

2. Harddisk Drive (HDD)



Harddisk memiliki prinsip kerja yang sama dengan floppy disk dan juga memiliki fungsi yang sama sebagai penyimpan data. Sesuai dengan namanya (Hard yang berarti keras), media penyimpanan dalam harddisk menggunakan media logam dan dapat terdiri dari beberapa plat sehingga mampu menyimpan data yang lebih banyak.

3. Compact Disc ROM (CD-ROM)



CD-ROM adalah salah satu perangkat strorage yang menyimpan data dalam bentuk Compact Disc. Berbeda dengan dengan Floppy dan Harddisk yang menyimpan data dengan area magnetik. CD-ROM meyimpan data menggunakan Media Optik.






Thanks viewing this my blog
_____________________________________




__________________________________________

Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment