Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Install dan konfigurasi FTP di linux debian 6

By : walid setiadi..........




Protokol pengiriman file atau biasa disebut FTP, File Transfer Protocol, adalah sebuah protokol klien-server yang memungkinkan seorang pemakai untuk mengirim atau menerima file dari dan ke sebuah tempat/mesin dalam jaringan. Ia bekerja menurut aturan transport TCP dan sangat banyak digunakan dalam jaringan internet. Meskipun demikian juga dapat digunakan pada jaringan lokal, LAN.

FTP merupakan cara paling umum untuk melakukan proses pemindahan file-file dari sebuah FTP server ke komputer pengguna, misalnya untuk mengunduh file dokumen, gambar, progr-am maupun file-file image DVD installer Linux. Juga dapat melakukan pemindahan file-file dari computer pengguna ke server misalnya untuk keperluan hosting web pengguna. Jika hanya memerlukan untuk mengunduh file-file dari situs internet dapat pula dilakukan dengan menggunakan aplikasi browser . untuk tutor serta step by step sobat bisa ikuti saya ke wabah sedikit.




1. tahap pertama kita install FTP di debian 6 ,Untuk menginstallnya gunakan perintah berikut :

# apt-get install proftpd

Jika ada pertanyaan, enter saja selanjutnya akan muncul pilihan pengintalan FTP yang kita kehendaki, saya sarankan pilih yang mandiri

2. lalu kita akan membuat folder untuk menyimpan file ftp, ikuti perintah berikut ;

# mkdir /data

3. Selesai membuat folder penyimpanannya, kita harus mengubah mode folder tersbut agar bisa di            baca oleh program FTP, berikut perintahnya :

# chmod 777 /data

4. Okey persiapan sudah siap sekarang baru kita lakukan konfigurasinya, masukkan perintah berikut :

# nano /etc/proftpd/proftpd.conf

Di sini kita perlu mengedit bebrapa perintah, ikuti gambar di bawah ini :



~Pada no.1 sobat ganti on menjadi off kenapa??, karena kita tidak menggunakan mode jaringa IP6        tapi menggunakan jaringan dengan mode IP4 jadi kita harus mematikkan jaringan IP6 agar kita bisa    menggunakan jaringan IP4.

~pada no.2 kita ganti dengan domain yang telah kita siapkan tadi atau sudah kita konfigurasi                 sebelumnya, misal “walid.net”

~pada no.3 kenapa kita ganti dengan “/data”, alasanya sangat simple yaitu agar file FTP kita dapat       tersimpan pada folder yang telah kita buat tadi.


5. Jika sudah, simpan lalu restart dengan perintah berikut :

# service proftd restart


6. Sudah merestartnya, selanjutnya siap ke tahap berikutnya yaitu membuat user untuk client, itu             bertujuan agar client bisa mengakses ftp kita, perintah membuat user yaitu "adduser". Okey begini     caranya :

#adduser  mrx

Kata “mrx” terserah bisa dig anti sesuai keinginan sobat, lalu masuk ke passwd. Disini silahkan password terserah sobat yang penting mudah di ingat, tapi saya sarankan passwordnya ketikkan “1” saja agar lebih mudah di ingat.masukkan password nya sekali lagi (password yang sama) , kemudian enter,enter dan enter, catatan kosongkan saja pada bagian nama kebawah, setelah itu ketikkan “y” lalu enter, nah sudah selesai membuat usernya. Jika kurang jelas bisa lihat gambar di bawah ini :



Emm, apa cuman bisa membuat satu user saja ya mass,,?? Tentu tidak, sobat bisa membuat banyak user yang penting media penyimpanan sobat masih mampu untuk melakukannya.


7. Membuat user sudah clear, sekarang kita buat folder di dalam directory ftp, gunaanya utuk                    menampung file yang akan kita upload nanti. Okey ini langkahnya :

# cd /home/ftp/

# mkdir mrx


8. Pada perintah mkdir berfungsi membuat folder baru pada diercktory FTP, nah sobat bisa                     mengganti nama pada kata yang saya garis bawahi, namanya pun terserah sobat. Jika folder sudah       di buat selanjutnya kita cek dengan perintah :

# ls

Maka akan tampil folder yang telah sobat buat tadi.




9. Nah sudah jadi nih folder sobat, sekarang tinggal kita melakukan pembuatan access browser ftp           pada konfigurasi DNS-nya, berikut perintahnya :

# nano /etc/bind/db.walid

Setelah sobat enter kita tambahkan

“ ftp       IN           CNAME                mrx “    

Pada bagian bawah db.walid, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :

10. Jika sudah sekarang tinggal merestart “bind” dan “FTP” nya, masih ingat kan caranya, nih kalou         sobat lupa saya kasih tau lagi,

# service bind9 restart
# service proftpd restart

11. Lanjut ke tahap berikutnya, yaitu menguji ftp di client, caranya sbg :

- Setting IP pada client

Jika sudah tunggu proses identifity pada client berjalan, jika sudah network maka penyetingan IP berhasil, catatan : IP pada client bisa di buat outomatis jika pada server  FTP sudah terintal dan di konfigurasi dengan DHCP-server, jika belum maka sobat harus setting IP pada client secara manual dan sesuai dengan settingan yang di gunakan.

-Langsung cek di browser , bebas bisa apa aja, sebagai contoh kali ini saya akan memberikan contoh  dengan menggunakan mozzilla firefox  :

- masukkan domain FTP pada kolom perintah firefox contoh: “ ftp.walid.net “. Kemudian enter,           setelah itu akan muncul colom pengisian user dan passwd, isi sesual user yang telah kita buat tadi,       lalu klik ok. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bwah ini :



 Jika konfigurasi sobat berhasi maka akan muncul foldef ftp yang telah kita buat tadi seperti di bawah  ini :



Tampilan di atas mmenunjukkan bahwa konfigurasi FTP telah berhasil



12. sekarang tinggal mengunggal sebuah file ke dalam folder FTP yang telah kita buat tadi. Ada              beberapa cara meng-upload file ke sebuah web FTP yaitu leat CMD,filezilla,dari explorer, untuk        kali ini kita akan bahas mengunggahnya langsung lewat server debian. Caranya :

-Masukkan perintah “touch (nama file yang akan kita upload)” lalu enter

# touch nama.docx
-jika sudah lihat di web-nya . Cara melihatnya sama dengan ketika akan masuk ke situs FTP yang 
  telah kita buat tadi 





-apabila muncul tampilan seperti di atas ketika kita buka folder yang telah kita buat tadi maka prosess  upload berhasil.


sekian dahulu yang telah admin persembahkan, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, dan jangan lupa lihat tutorial tentang debian atau tutorial menarik lainya hanya di sini. terima kasih telah berkunjung. and see you,,,,,,






Thanks viewing this my blog

_________________________________________________________________




____________________________________________________________________








Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

1 comments: