Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Cara Merawat RAM Pada Komputer

Cara Merawat RAM Pada Komputer





Random Access Memory ialah sebuah main memory pada sebuah pc/laptop/notebook yang bisanya memmiliki farian DDR2,DDR3, dan lainya. Di komputer ia berfungsi sebagai penyedia access memori bagi access in-put mau out-put dari komputer, semakin besar kapasitas ram maka semakin baik pula kinerja dari suatu komputer. Seperti yang telah kita ketahui yang namanya alat komputer tidak ada yang abadi maksutnya pasti suatu saat akan mengalami kerusakan, nah untuk itu kaliini saya akan membagi tips bagi sobat sekalian tentang “cara merawat RAM pada komputer” agar tidak cepat rusak.

Ada banyak hal yang membuat RAM rusak, karna itu kita perlu merawatnya agar tidak cepat rusak. Memang di dunia komputer banyak hal yg terkadang membuat kita frustasi, salah satunya dengan tidak berfungsinya ram pada komputer kita maka akan menggangu berbagi fungsi komputer lainya, seperti komputer tidak bisa di gunakan, monitor tidak bisa hidup dan hal hal lainya. Dari jenis kerusakan itu kita bisa mendiaknosis bagaimana agar RAM yang kita pakai di komputer bisa awet hingga beberapa selang waktu yang cukum lama.






1. melakukan pembersihan terhadap komputer yang kita pakai
   


Ini bertujuan agar di dalam CPU tidak terlalu usang karena debu-debu yang masuk ke dalam CPU, karena banyak debu dalam CPU akan membuat kondisi di dalam CPU menjadi cepat panas sehingga mempengaruhi kerja dari komputer sobat, apalagi ketika debu tersebut sampai menumpuk dan menutupi slot pada ram, hal tersebut akan membuat RAM tidak terbaca oleh komputer.



2. lakukan pembersihan pada slot ram dan juga PIN pada RAM

Saya sarankan sobat untuk melakukan pembersihan pada slot mau pada ram secara rutin untuk mencegah terjadinya ram tidak terdeteksi oleh komputer. Minimal Lakukan 1 bln sekali, jika ada waktu senggang atau mneyuruh orang lain yang lebih berpengalaman tentang komputer, tapi untuk menghemat biaya lebih baik di lakukan sendiri.


3. jangan menaruh makanan atau minuman di dekat komputer


  
karna akan ada beberapa hal yang akan berdampak pada komputer sobat, seperti mengundang binatang yang mungkin akan bersarang pada komputer sobat. Selain itu ketidak sengajaan sobat ataupun teman sobat menumpahkan minuman atau makanan yang sobat taruh di dekat komputer akan menyebabkan komputer sobat mengalami konsleting, terutama pada RAM jika ram terkena air atau setitik air saja akan membuat ram korosi (pengkaratan pada RAM) yang membuat ram tidak bisa lagi di gunakan dengan catatan korosi yang di alami ram sudah tidak bisa di toleri lagi, maksutnya di toleri itu RAM hanya mengalami korosi kecil yang masih bisa kita tangani dengan menggosokkan penggapus karet pada PIN RAM secara searah.


4. jangan terlalu sering bermain game



Ini akan berdapak buruk bagi ram pada komputer sobat, tuntutan kinerja ram yang tidak sesuai dengan kemampuan ram dalam melakukan pekerjaan akan menyebabkan ram rusak. Karna sebenarnya kebanyakan komputer di desainbukan untuk bermaingame, Untuk menangani ini gunakan ram khusus yang cocok dengan speeck gamers yang kini sudah ada untuk medel pc sekarang.




Dari sekian banyak kerusakan mungkin kerusakan pada ram lah yang sering mengalami kerusakan pada komputer, karena sering kali banyak user yang melupakan bahwa ram adalah main memory pada komputer yang berukuran kecil namun mempunyai fungsi yang cukup fital, jadi untuk menjaga kenyaman anda dalam menggunakan komputer hendaklah sesekali anda melakukan perawatan pada ram. Sebenarnya juga tidak perlu teknisi untuk merawat ram komputer, hanya sedikit waktu luang untuk mempersulikan –nya.


Terima kasih telah membaca artikel mengenai cara merawat ram, selamat mencoba,dan semoga bermanfaat bagi teman teman kerja komputer sekalian. Jika ada yang perlu di tanyakan mengenai komputer atau kekurang jelas mengenai perawatan ram silahkan tuliskan komentar teman2 sekalian di kolom pst yang telah saya sediakan di bawah ini. Itulah keurang dan lebihnya saya ucapkan terima kasih sekali lagi. Dan jangan lupa temukan artikel menarik lainya hanya di blog simpel ini, sampai bertemu di artikel selanjutnya sampai jumpa........













Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

1 comments:

  1. Caranya mantep banget gan untuk merawat RAM. Bisa ane coba untuk merawat RAM ane sendiri

    ReplyDelete