Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Install dan Konfigurasi WEB-server Debian 6

By  : walid setiadi....



WEB-server merupakan Salah satu layanan yg paling sering disediakan oleh server. Salah satu alasanya dari penggunaan web server adalah dia bebas platform. Semua aplikasi yang berjalan di atas web hanya perlu menyesuaikan dengan web browser pengguna. Web server adalah sebuah penyedia layanan dengan protocol HTTP. Web server juga dikenal dengan nama HTTP server, menyediakan kemampuan untuk mengirimkan dokumen hyper-text kepada pengguna web tersebut.

 Dokumen hypertext itu nantinya digunakan untuk dijadikan tampilan. Web server normal, berjalan di atas port 80. Versi aman dari web server, atau HTTPS server, berjalan di atas port 443. HTTP server biasa, hanya menyediakan akses ke file-file yang berada di dalam folder server HTTP. Berikut Langkah langkah penginstalan dan konfigurasinya :



Langkah langkah menginstal WEB –Server

1. Masukan perintah berikut :

# apt –get install apache2 php5

Jika ada pertanyaan (Y/N) jwab ‘Y’ untuk melanjutkan inatalsi Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu Masukkan perintah berikut :


2. Selanjutnya lakukan sedikit pengeditan pada apache2 

pengeditan ini di lakukukan dengan tujuan agar ketika Domain di search oleh orang lain akan muncul sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut perintahnya.

# nano /etc/apache2/sites-avalable/default

Edit seperti gambar di bawah ini :

Jika sudah selasai maka simpan (CTRL + O) lalu (CTRL + X)


3. Sekarang kita edit bagian tampilan dari WEB –Server  agar lebih menarik, masukkan peintah               berikut lalu Enter

# nano /var/www/index.html

Edit seperti di bawah ini :

 

Pada gambar yang saya tandai dengan tanda merah “it works !”   bisa menggatinya dengan tulisan apa saja bebas yang penting mewakili dari pembuatan web tersebut  misal ganti dengan 

“welcome ......” atau apa saja, 


jika sudah diganti lalu simpan.


4. Selesai melakukan konfigurasi lalu restart konfigurasinya dengan

# service apache2 restart

Setelah sumua proses selesai, selanjutnya kita coba test di client yaitu dengan menyetting IP pada client. Seperti tahap berikut :


Catatan : IP dan DNS kita samakan dengan yang telah kita setting di debian, misal

IP address                         : 192.168.100.5  (pada IP client di bedakan dengan                                                             gateway )
Subnet mask                     : 255.255.255.0
Default gateway               : 192.168.100.1
Preferred  DNS server     : 192.168.100.1

5. Selesai menyetingnya lalu save dengn klik ok, tunggu beberapa detik agar computer  client bisa           mendeteksi jaringan pada debian, lalu coba cek di browser dengan mngetikkan DNS di playout           browser kamu, contoh kali ini saya menggukan browser mozzila firefox. Untuk lebih jelasnya bisa     lihat pada  gambar di bawah ini :




Gambar di atas menandakan bahwa konfigurasi WEB-server telah berhasi






Thanks viewing this my blog :

www.Anterpass77.blogspot.com


Install dan Konfigurasi WEB-server



Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

1 comments: