Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Masalah-masalah pada printer dan solusinya





PRINTER merupakan alat peripheral dalam kelompok out-put yang digunakan untuk mencetak suatu file ke dalam bentuk hard copy. Printer ini juga termasuk salah peralatan komputer yang mungkin saja bisa mengamali kerusakan, terutama pada catrigdenya. Catrigde pada printer merupakan komponen yang di tugaskan menulis/menggambarkan apa yang ada pada suatu file ke dalam sebuah bentuk keluaran(out-put). Ada beberpa masalah yang sering terjadi pada printer berikut ulasan lebih detainya mengenai “masalah-masalah pada printer dansolusinya






(1)   Printer tidak dapat mencetak

Pada saat proses  percetakan akan dilakukan, printer dalam keadaan ON, dan kertas telah terpasang dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak  dan  proses  percetakan dinyatakan gagal.

Solusi  :   
  • Pengetesan printer dengan menggunakan print test page pada driver printer. Untuk melakukan hal tersebut dapat melalui Start>>Setting>>Printers. Kemudian klik  kanan pada printer yang digunakan lalu pilih Properties . Dalam tab General, klik tombol Print Test Page.
  • Jika tidak, berarti ada masalah pada printernya atau pada koneksi port printernya
     
  • Cobalah pada komputer lain, jika proses pencetakan berhasil dilakukan berarti kerusakan bukan pada printernya tetapi pada port printer tersebut.

  •  Jika  proses pencetakan gagal berarti ada masalah pada printernya.Untuk mengatasinya coba cek kembali printer mulai dari cartridge sampai koneksi kabel-kabelnya.


(2)  printer gagal menarik kertas.

Ketika mencetak menggunakan printer injek, printer tersebut tiba-tiba mengalami gangguan yaitu tidak bisa menarik kertas sehingga proses pencetakan  gagal. Permasalahan tersebut sering terjadi pada printer jenis injek. Umumnya dikarenakan roda penggerak yang sudah mulai licin karena waktu pemakaian yang sudah  cukup lama.

Solusi :

          Bila demikian halnya, lakukan pengamplasan sendiri dengan hati-hati pada bagian roda penariknya.
          Bersihkan juga  roda penggerak dari kotoran yang ada . Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena tinta yang hampir habis.
          Terkadang bila tempat tinta sudah kosong, maka printer tidak akan dapat mencetak dan jika diberikan  perintah pencetakan akan terdengar bunyi beep yang berulang-ulang.


(3) kertas pada printer macet (peper jam)



Kertas macet pada printer  yang biasa disebut dengan paper jam dapat terjadi karena tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper try printer. Atau jenis kertas yang mudah menempel satu dengan lainnya. Dan juga bisa disebabkan karena toller pada printer yang sudah aus.

Solusi :

       Untuk mencegah terjadinya paper jam, dapat dilakukan dengan membatasi tebal tumpukan kertas sesuai dengan  kapasitas  yang didukung oleh printer.
       Sebelum dipasang pada paper try, ada baiknya kertas dikibas-kibaskan terlebih dahulu agar kertas  tidak saling menempel.
       Dan hindarkan dari debu dan sering dibersihkan.
       Jika paper jam sudah terjadi pada printer, maka yang harus dilakukan adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas, kemudian secara perlahan tarik kertas yang menyangkut pada printer.
       Selanjutnya kembalikan tuas tersebut ke posisi semula. Untuk menemukan tuas tersebut lihatlah pada buku manual printer


(4)  hasil pencetakan tidak bagus

Masalah lain yang sering muncul adalah hasil pencetakan yang kurang bagus atau  terlihat putus-putus. Ini disebabkan antara lain karena memang mungkin tinta sudah habis, ataupun cartridge-nya memang kotor.

Solusi :

          Untuk memastikannya,  lepas cartridge dengan hati-hati untuk mengecek apakah tinta sudah habis atau belum.
          Setelah itu lakukan pembersihan pada mat head nya dengan menggunakan cairan pembersih tinta.
          Caranya dengan membasahi tisu pembersih dengan cairan pembersih tersebut, dan letakkan mat head  catridge pada  tisu tersebut.
          Dalam melakukan hal tersebut, dibutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi, karena jika tidak akan bisa berakibat fatal yaitu rusaknya cartridge.





Semoga artikel ini bisa membantu sobat dalam menyelesaikan masalah mengenai printer....



Thanks viewing this my blog
____________________________________________________




_____________________________________________________

Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

6 comments: