Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jenis Jaringan Komputer




jaringan komputer merupakan sebuah sekumpulan komputer yang saling terhubung, baik itu 2 komputer atau lebih. dahulu jaringan komputer di gunakan sebagai sarana penghubung militer amerika serikat dengan post utama dari AS. tetapi sekarang sudah berkembang dan bahkan sudah memiliki beberapa sub sendiri. dalam pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai "jenis jenis jaringan komputer" yang Berdasarkan jarak dan area kerjanya jaringan komputer dibedakan menjadi
tiga kelompok, yaitu :




Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data, maka LAN dapat  digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu :



  • Low Speed PC Network

Kecepatan transmisi data pada Low Speed PC Network kurang dari 1
Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal computer. Contoh
dari jenis ini adalah Omninet oleh Corvus Systems (network bus),
Constalation oleh Corvus Systems (star network), Apple talk oleh
Apple Corporation.

  • Medium Speed Network

Kecepatan transmisi data pada Medium Speed Network berkisar
antara 1 – 20 Mbps dan biasnya diterapkan untuk mini computer.
Contoh dari jenis ini adalah Ethernet oleh Xerox, ARC Net oleh
Datapoint Corporation, Wangnet oleh Wang Laboratories.

  • High Speed Network

Kecepatan transmisi data pada Hig Speed Network lebih dari 20
Mbps dan biasanya diterapkan untuk mainframe computer. Contoh
dari jenis ini adalah Loosely Coupled Network oleh Control Data
Corporation, Hyper Channel oleh Network System Corporation.







MAN atau yang biasa jaringan yang sering di pergunakan antar kantor merupakan Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.

MAN termasuk jaringan yang menengah dalam segi area cangkupanya, yang biasanya di gunakan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.






Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program yg mengontrol sebuah laju jaringan yang ada di bawahnya seperti LAN dan MAN. WAN ini kini sudah banyak di pergunakan sebagai lalu lintas pertukaran data antar benua. yah itu sangatlah memungkinkan, mendukungnya berbagai peralatan di jaman sekrang ini membuat jaringan man berkembang pesat.




thanks viewing this my blog
=======================================================
_______________________________________________________




_______________________________________________________

Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment