Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Hal hal yang wajib di lakukan setelah melakukan install ulang




Melakukan sesuatu untuk tujuan mulia adalah prilaku yang terpuji, untuk itu kali ini sya akan membagi sikek ilmu kepada sobat sekalian mengenai hal-hal yang perlu di lakukan setelah melakukan install ulang. Dalam edisi kali ini di dasarkan dari saya pada saat melakukan praktek kerja insustri di “ADLIANcomputer”, tepatnya di metro 16c,mulyojati. Di sana saya mendapat banyak ilmu termasuk ilmu yang satu ini, yaitu hal yg perlu di lakukan setelah melakukan install ulang.



Dulu waktu sya belom PKL dulu sya masih awut-awutan dalam melakukan proses install ulang baik itu sebelu,pasca,dan sesudah melakukan install ulang. Di ADLIAN.computer ini saya di beritahu semua tentang komputer. Dari sekian banyak ilmu yg saya dapat di sna tapi babgian yg ini paling tertanam dalam fikiran saya, kenapa karna dulu sya punya pengalaman buruk waktu sebelum PKL, waktu itu sya melayani seorang custemer pertama saya, pada saat itu ilmu yang sya dapat masih minim mengenai intall ulang, itu karena kurangnya fasilitas internet di desa saya, jadi kurang informasi mengenai intal ulang. 


Kembali lagi ke topik, setelah semuanya selesai dan saya sudah kasih kembali ke custemer saya komputer yg telah sya intall ulang tadi. Eh bru satu hari di pake udah di balikin ke saya lagi, ktanya virus yg ada di dalamnya belom terhapus secara sempurna. Nah dari situ sya selalu ingat bahwa masih ada tahap yg musti di lakukan setelah melakukan install ulang suatu komputer, berikut liputan lebih detailnya







1) lakukan pengaturan pada windows



Pada kali ini yg harus di lakukan ialah melakukan beberapa pengaturan terhadap  seperti resolusi, mouse dan dan  hal lainya. Ini bertujuan agar SO yg kita gunakan baik itu win.XP/7/8/9/10 bisa berfungsi secara maksimal.  Terkadang kita melupakan akan hal ini,

  • pengaturan pada resolusi




Pengaturan ini bertujuan agar ukuran/ screen yg kita gunakan bisa rispeck dengan selera kita, dengan mengatur resolusi ini juga bisa membuat kita merasa nyaman pada saat menggunakan komputer tersebut. Cara mengatur resolusi pada destop sangatlah mudah yaitu tinggal klik pada destop komputer sobat, lalu pilih screen resolusion , nah di situ sobat bisa mengatur sesuka hati sobat ukuran screen dari destop komputer sobat.


  •  pengaturan pada mouse




Agar kita lebih leluasa  dalam menggunakan mouse/touchpad pada komputer kita bisa melakukan pengaturan baik itu dari segi kecepatan, vaariasi dan icon dari cursor itu sendiri. Disini dilakukan agar para pengguna komputer lebih nyaman dengan keadaan mouse baik dalam segi kecepatan, tampilan cursor, dan lainya.


  • pengaturan pada icon destop komputer




Disini penulis akan memberi tahukan bahwa apabila seusai melakukan instal ulang, biasanya terdapat icon bawaan dari SO yang langsung muncul pada tampilan destop komputer. Icon tersebut biasanya meliputi icon komputer, network ricycle Bin, dan juga folder dari user. Semua icon tersebut memiliki fungsi masing masing dan juga bertujuan untuk memudahkan user/brainware dalam mengelola komputernya. Cara memasangnya sangat-lah mudah yaitu dengan klik kanan pada destop komputer lalu pilih personalis, lalu klik pada “change destop icon” nah di situ anda bisa melihat icon yg seperti saya sebutkan di atas, beri ceklis pada icon yang akan di tampilkan lalu klik apply.


  •  pengaturan pada “start menu”




Caranya klik kanan pada destop komputer, lalu pilih personalis, kemudian pilih “taksbar and start menu” nah di situ  akan tampil bagian jendela dari taksbar and start menu, lalu pindah ke tap start menu dan klik custimize, nah di dalam custimeze tersebut hilangkan tanda ceklis pada ‘highlight  newly installed program”, tahap terakhir klik ok >> apply >> ok . kenapa tanda ceklis pada highlight  newly installed program musti di hilangkan..?  nah sebelumnya saya akan menjelaskan tujuan melakukan pada start menu dahulu, start menu merupakan bagian tampilan dari start menu yg mana biasanya muncul ketika windows di hidupkan. Nah tujuan dari start menu ialah mengatus bagian yang boleh tampil dan tidak boleh tampil pada saat komputer di hidupkan. 

Dari pertanyaan tadi jawabanya yaitu untuk meminimalkan sedalam dalamnya peringatan yang muncul pada saat komputer di hidupkan, peringatan yg  di maksut ialah peringatan yg tidak penting tiba” muncul di depan destop dan kemunculan itu sering sekali. Nah untuk itu di lakukan penyetingan ini.


  •  penyetingan pada windows firewall




Pada windows yg starter bagian firewall biarkan sata hidup, itu bertujuan agar windows yg kita pakai bisa ter-update secara oyomatis ketika kita terkoneksi dengan internet, karna windows jenis ini di desain untuk bisa ter—update .  berbeda pada windows yg sudah cracker, di bagian pengaturan firewallnya harus di matikan, kenapa..?   karena jika windows jenis ini ter-update maka windows tersebut akan rusak. Ya karena bisa jadi windows akan secara otomatis dan mengalami kerusakan.  Jadi intinya firewall ini adalah suatu penyaring yang ada pada windows atau bisa di sebut penyaring bawaan windows yang bertugas menyaring semua data yang berhubungan dengan internet.




2) menginstall dan melakukan scan pada komputer menggunakan antivirus

Banyak keluhan dari client tetang virus yg ada pada komputerny tidak hilang walaupun telah di intall ulang.  Kita bisa simpulkan bahwa walaupun komputer telah di intal ulang belom tentu bisa bebas dari virus, untuk itu perlu dilakukan scan pada komputer. Yaitu dengan antivirus yang kiranya telah berstandar dan terbukti ampuh, seperti AVG,Avira,BAIDU, atau menggunakan antivirus dalam negri seperti SMADAV. Tapi untuk virus yang cukup bandel dan cepat dalam berkembang biak sebaiknya menggunakan AVG.

Anjuran dari saya lakukan scan sebelum menginstall driver pada komputer, kenapa demikian,,?   Karena jika kita melakukan scan ketika sudah menginstall driver maka bisa jadi file/dat dari driver komputer sobat di anggap virus oleh anti virus. Karna sebagian driver biasanya mangandung crack yg delah di sisipkan pada driver.



3) lakukan penginstalan driver komputer



Nah selanjutnya kita install deah driver komputer kita, apa sih driver komputer itu mas,,?    Driver komputer ialah sebbuah aplikasi yg berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dari komputer dengan cara mengaktifkan semua perangkat komputer yg mana di setiapperangkat komputer itu memiliki drivernya sendiri-sendiri, misal pada speker, E-lan,blotouth, dan lain lain.



4) pemasangan aplikasi



Baru deah kita pasang aplikasinya, ya tentu ini juga proses penting yg wajib di lakukan, untuk teknisi seperti saya ini, biasanya melayani custemer dengan melakukan penginstalan lengkap dengan alikasi nya, aplikasi yg saya pasang biasanya hanya palikasi yg umum di gunakan saja, seperti aplikasi pengolah data (mic.office), media player(KMP, AIMp3,dan lainya), browser(mozilla,crom,opramini, dan lainya), pembersih(Ccleaner,dan lain lain), grafis(corel,photo scap, dan lainya), dan anti-virus(SMADAV,Avira,AVG,dan sebagainya).



5) melakukan pengaturan pada start-up

Tujuan dar melakukan pengaturan start-up ini dalah agar pada saat komputer di hidupkan tidak terlalu lama pada saat melakukan starting windows-nya, karena biasanya banyaknya aplikasi yang muncul pada saat starting wondows akan membuat starting pada windows menjadi lemot dan terkadang membuat jenuh. 

Lalu apa saja yg harus di atur agar pada saat starting windows tidak lemot dan menjadi lebih cepat...?  caranya begini buka RUN dengan cara menekan win. +  R, lalu ketikkan msconfig  >>enter, maka akan muncul tampilan system configure, pindah pada tap startup, di situ terdapat aplikasi dan driver apa saja yg aktif pada saat starting windows. Untuk meringankan nya hilangkan semua ceklis pada aplikasi yang tidak terpakai, dan tandai ceklis pada driver saja, atau bisa mendisaible pada aplikasi dan enable pada driver. Selesai klik apply dan dilanjut dengan OK  ,

Tanya lagi mas kenapa hanya pda driver saya yang di enable kenapa enggak pada aplikasinya aja..?   jawabnya begini, jika pada driver itu di disable maka driver dari komputer tidak akan rispeck dengan komputer ketika komputer di hidupkan, jadi harus di enable agar pada saat komputer di hidupkan semua komponen komputer bisa merespon.




Sekian pembahasan peda panggung kali yg baru ini, semoga bisa bermanfaat artikel ini bagi sobat sekalian, saya berbangga hati karna sobat sudah mau berkunjung sejenak. Saya ucapkan terima kasih atas mampirnya sobat ke-Anterpass77, sampai jumpa lagi di artikel menarik lainya di Anterpass77.








Thanks Viewing This My Blog
___________________________________________________________________





____________________________________________________________________




Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

2 comments: