Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Cara merawat prosessor komputer




Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.


Processor sendiri sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC controller yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari computer.





  • memberikan pasta thermal paste/grease pada prosessor



Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease adalah bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver memiliki kualitas lebih baik ketimbang yang berwarna putih. Lakukan pemberian pasta ini jika di rasa pasta yang ada pada prosessor sudah kering. Oleskan pda bagian atas dari prosessor seperti gambar berikut

  • melakukan pembersihan pada fan dan headsing pada prosessor




Bersihkan bagian Fan dan Headsing yang terletak di atas prosessor menggunakan kuas atau penyedot debu mini, hal ini akan membuat prosessor tidak cepat panas dan sekaligus bisa menjaga performance dari prosessor itu sendiri.

  • cassing komputer mempunyai lubang fentilasi udara


Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lancar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas.

  • Rapikan kabel-kabel


 terutama kabel tipe ATA yang berukuran lebih besar dan lebar dibandingkan kabel SATA. Kabel yang rapi dapat memperlancar aliran udara dalam casing.

  • membuka penutup cassing jika digunakan kerja




Untuk komputer pribadi, mungkin Anda dapat membuka penutup casing, untuk efektivitas kelancaran sirkulasi udara, walaupun mungkin tidak sesuai dengan nilai estetika dan tidak enak dilihat karena hardware di dalamnya tampak dari luar. Untuk itu lakukan hal tersebut jika sobar bekerja menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, misal seharian full.  Tujuannya sebenernya sangat jelas agar semua komponen yg ada pada komputer kita tidak mengalami overhead (kepanasan) walalupun di gunakanlan dala jangka waktu yang lama.




Okey sampai disini dahulupembahasan mengenai cara merawat prosessor dari sya, semoga sobat sekalian bisa memahami akan pentingnya merawat komputer terutama pada komponen yang satu ini, karna jika tidak bisa saja komputer sobat tidak bisa di gunakan lagi akibat dari prosessor yang rusak.
                                                                                 





Thanks viewing this my blog
___________________________________________________________________




____________________________________________________________________

Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment