Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Cara Merawat POWER SUPPLY




power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing. Banyak hal yang bisa membuat power supply mengalmi kerusakan salah satunya yaitu kurangnya perawatan.


Oleh karna itu kali ini saya akan memposting sebuah tutorial “cara merawat power supply”. Pasti dalam kehidupan sehari hari sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer, tapi apakah sobat tahu bahwa power supply ialah salah satu fital dari hidupnnya komputer, seperti yang sudah di bahas di atas. Ibarat power supply dalam tubuh kita ialah makanan bagi manusia,dan tubuh akan mengubah karbohidrat dan menggunakannya sebagai energi bagi tubuh kita. Seperti halnya alat komputer lainya yang bisa saja rusak apabila tidak di rawat, cara merawatnya pun tidak harus setiap hari. Ada banyak masalah yang sering terjadi power supply diantaranya :


#  Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa
#  tidak ada tampilan di monitor
#  tidak ada lampu indikator (led) yang menyala
#  kipas power supply tidak berputar
#  lampu indikator pada monitor tidak menyala


Jika ada masalah pasti ada solusinya, itu kata si DO’i........

Hehee..  memang benar kata si DO’i dari masalah yang ada di atas ada beberapa solusi untuk menanganinya, solusi ini saya dapat dari toko dimna saya prakerin dulu, dari mas iswanto seorang teknisi di ADLIAN COMPUTER yang berlokasi di metro 16c tepatnya. Di sana saya diajarkan banyak sekali mengenai komputer dan juga bagaimna menangani masalah-msalah yang ada pada komputer, salah satunya ya tentang power supply yang merupakan inti penyuplay tegangan ke komputer. Berikut solusi mengenai masalah di atas :

# Memeriksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada    
    soketnya, 

# Memeriksa apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam 
   posisi On, tombol ini bisanya terdapat pada power supply model sekarang.

# Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon maka ganti kabel power 
   dengan kabel power yang kondisinya masih bagus. 



Kemungkinan masalah yang terjadi adalah tidak adanya tegangan listrik yang masuk, jadi kerusakan mungkin kerusakan ada pada kabel power.


# selanjutnya jika masih tidak ada respons yang positif, maka coba ganti power supply dengan Power 
   supply yang lain (yang masih bisa berfungsi tentunya). Lalu hidupkan komputer lagi jika berhasil 
   maka Power Supply pada komputer sobat sudah rusak.


Beberapa solusi di atas mungkin masih kurang akurat, karena masih banyak kemungkinan adanya masalah yang lain pada power supply. Sementara hanya itu solusi dari masalah di atas.



Dan jika sudah mengetahui dampak yang terjadi pada di hendaklah kita menyayangi komputer kita dengan melakukan perawatan pada power supply, dengan harapan agar power supply kita bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup hingga kita bisa membeli power supply yang baru hehe.
Untuk itu masri kita lakukan perawata terhadap power supply, ikuti tahap berikut guna menhindari hal hal yang tidak di iniginkan terjadi pada power supply kita



1. gunakan power supply dengan daya besar

Pemilihan daya pada power supply sangat penting untuk memastikan bahwa kemampuan dayanya bisa menopang semua kebutuhan berbagai komponen komputer seperti motherboard, prosesor, harddisk, CD/DVD ROM, dan lain-lain. Secara umum power supply yang ada di Indonesia mempunyai daya 300-350 watt. Akan lebih baik jika Anda memilih power supply dengan kemampuan daya yang lebih besar minimal 400 watt.


2. gunakan power supply dengan doble fan


Pilihlah jenis power supply yang dilengkapi dengan double fan atau kipas ganda. Adanya kipas ganda ini akan membuat sirkulasi udara lebih lancar karena prose pembuangan udara panas akan lebih cepat



3. hindari pemakaian perangkat yang berlebihan



selanjutnya untuk menghindari power supply cepat rusak, maka cara merawat power supply adalah dengan menghindari untuk menambahkan perangkat tambahan yang berlebihan. Misalnya menambahkan DVD ROM lebih dari jumlah yang seharusnya, terlalu banyak harddisk, dan lain-lain. Banyaknya perangkat tersebut akan menguras daya power supply dan membuatnya tidak mampu menyediakan daya yang cukup untuk semua komponen.


4. bersihkan power supply dari debu



Salah satu masalah utama yang kerap membuat power supply cepat rusak karena kepanasan adalah banyaknya debu yang menumpuk. Sehingga cara merawat power supply yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin agar tumpukan debu tidak menyumbat aliran udara dan menyebabkan terjadinya overheat. Bersihkan juga pada fan power supply agar kipas pada fun bisa berputar dengan normal dan power supply tidak cepat.


5. gunakan stabilizer

Penggunaan stabilizer sangat dibutuhkan dalam bagian cara merawat power supply agar membuatnya lebih awet. Karena fungsi stabilizer adalah menstabilkan arus tegangan listrik yang biasanya naik turun agar tidak merusak power supply saat terjadi lonjakan tegangan.





Dari sekian kegiatan yang kita lakuka, hampir semua bisa di lakukan dengan komputer. Demin optimalnya kerja dari komputer kita hendaklah kita meluangkan waktu untuk melakukan perawatan pada komputer kita, karna jika salah satu saja komponen dari komputer mengalami msalah terutama pada power supply pasti akan menggangu kenyaman dari kinerja komputer.



Sedikit mungkin kali ini yang dapat sya bagi kepda teman teman, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, dan jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan si komlom komentar yang tersedia di bawah. Sya ucapkan terima kasih telah bersedia berkunjung ke blog simpel ini. Dan sobat ingin mencari artikel menarik tentang komputer silahkan cari di www.anterpass77.blogspot.com  sampai jupa di lain waktu.........




thanks viewing this my blog
.....................................................




Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment