Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Cara merawat CD-ROM/RW



CD-Rom atau CD-RW merupakan alat yang umum digunakan saat ini untuk membaca dan menulis data ke CD. CD-Rom/CD-RW merupakan komponen yang sangat murah dibandingkan dengan data yang dapat disimpannya. Karna itu pula ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar cdrom/rw kita tidak kehilangan fungsi maksimalnya,salah satunya yaitu melakukan perawatan pada cd-rom/rw kita. 



Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada cd-rom diantaranya cd-rom/dvd tidak bisa membuka atau menutu tray, untuk lebih detail mengenai masalah yang sering terjadi pada cd-rom/rw  lihat artikel berikut “masalah yang seringterjadi pada cd-rom/rw komputer”. Sebenarnya tidak sulit untuk melakukan perawatan terhadap cd-rom/rw kita, haya perlu waktu luang saja untuk merawatnya. Nah untuk itu artikel ini di buat, berikut “cara merawat cd-rom/rwpada komputer









Step by step sangatlah simpel, ilmu ini saya dapat dari guru sekolah seawktu saya di kelas X. Beliau mengajarkan kepada kami tentang banyak hal, salah satunya yaitu cara merawat cd-rom/rw. Okey inilah cara merawatnya :

1. melakukan pembersihan pada cpu sobat secar berkala dan rutin

Hal ini bertujuan agar ketika sewaktu melakukan burning/pembacaan pada cd/dvd debu tidak masuk kedalam cd-rom/rw. Karna terkadang komputer yang jarang di bersihkan mengandung banyak debu yang mengendapa pada cpu.


2. lakukan pembarsihan pada cd-rom/rw sobat

Optical drive sangat rawan terkena debu, di karenakan dapat menyebabkan lambatnya suatu pembacaan CD / DVD yang dilakukan oleh Optical Drive. Ada beberapa langkah bagaimana cara untuk merawat Optical Drive adalah sebagai berikut :

--- buka/ lepas cd-rom/rw  sobat, lalu bersihakan bagian luar atau body dari cd-rom/rw dan juga    
     tempat dudukan kepingan cd/dvd dengan kuas, kain atau pembersih lainya.

--- ambil kepingan cd/dvd yang akan di gunakan, kemudian ambil kepingan CD lens cleaner (banyak      dijual di toko komputer atau di toko yang menyediakan) kemudian teteskan teteskan cairan    
     pembersih pada sikat (busa) halus yang ada dipermukaan CD (usahakan menggunakan bahan yang      halus saat membersihkanya).

---masukan kepingan CD lens cleaner tersebut kedalam CD / DVD room anda, lalu jalankan CD  
    dengan menggunakan multimedia player ( Windows Media Player) yang ada didalam PC anda. 
    Dengan begitu Optical Drive anda sedang dibersihkan berbarengan dengan dibacanya file 
    multimedia yang ada pada CD lens cleaner tersebut.


3. pastikan dalam mengoperasikannya lagi, CD/DVD yg akan diputar dalam kondisi bagus. 

jangan sentuh optical drive (optik) dengan benda selain pembersih. Tahap ini di peruntuhkan bagi laptop, karena di laptop Optical Drive menyatu dengan tempat dudukan kepingan cd/dvd.


4. yang terakhir, usahakan melakukan step step di atas dengan rutin minimal 1 bln sekali, agar cd-rom/rw sobat bisa awet sampai dalam jangka waktu yang cukup lama.



Cuman segitu cara merawatnya mas?,

Iya hanya segitu saja, namun jika tidak di lakukan maka akan menimbulkan kemungkinan cd-rom/rw sobat bisa rusak dalam jangka waktu dekat. Dari hal kecil semua akan menimbulkan manfaat yang besar. Benar tidak/// ya..?    tentu benar, walaupun di jaman yang canggih seperti sekarang tidak menutup kemngkinan bahwa setiap alat itu pasti akan menemui ajalnya eh salah kerusakan maksutnya.



Saya ucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog sederhana ini, jika ada yang ingin di tanyakan seputar cd-rom/rw ataupun seputar komputer silahkan tulis kan pertanyaan kalian di post komentar yang telah saya sediakan di bawah ini.

Lihat artikel menarik lainya di www.anterpass77.blogspot.com


Baca juga mengenai masalah yang sering terjadi pada cd-rom/rw komputer



thanks viewing this my blog





Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment