Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Masalah masalah yang sering terjadi pada CD-ROM/RW komputer





CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD/DVD. Akan tetapi CD-Rom atau CD-RW merupakan alat yang umum digunakan saat ini untuk membaca dan menulis data ke CD/DVD.  



CD-Rom dan CD-RW ialah  komponen yang sangat murah dibandingkan dengan data yang dapat disimpannya.  Akan tetapi terkadang mengalami kerusakan/ masalah yang menyebabkan cd-rom tidak bisa berfungsi dengan baik. Itu di sebabkan karena kurangnya perhatian dari user yang tidak merawat peralatan komputernya dengan baik.






1. salah memasukkan CD/DVD

Letakkan CD/DVD supaya sisi cetakan yang selalu berada di sebelah atas. Pada sebagian besar drive, anda perlu memusatkan CD/DVD dalam indentation pada drive tray. Untuk beberapa drive-khususnya komputer notebook-perlu benar menekan lubang di pusat CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW lewat lingkaran pada drive tray.


2. CD/DVD kotor

Disk yang kotor atau tergores tidak akan bekerja dengan sempurna, meskipun bisa tidak akan beraturan. Anda bisa bersihkan CD/DVD dengan kain kering yang bersih atau pembersih khusus.


3. Performa CD-ROM/RW yang kurang baik

asap atau kotoran yang melapisi lensa atau prisma dalam drive, termasuk penyebab perfomance yang kurang baik. Sebagian besar drive DVD/CD-ROM mencengkeram disk pada tempat yang kombinasi lingkaran karet dengan sebuah magnet. Jika lingkaran karet terlapisi oleh debu atau kotoran, maka cengkeraman disk tidak dapat cukup erat, menyebabkan slip saat disk berputar dan drive tidak akan dapat membaca sebagaimana mestinya.


4. kegagalan komponen pada CD-ROM/RW

jika drive sedikit “bingung” merespon, mungkin saja koneksi atau kabel power ke komputer mengalami masalah. Untuk memeriksa problem ini buka Casing PC, pastikan seluruh sambungan DVD/CD-ROM ke board sircuit terpasang dengan baik.

5. drive tidak bisa terbuka ataupun menutup

Jaga selalu tray DVD/CD-ROM agar tetap tertutup saat tidak digunakan untuk menukar disc (menutup tray juga mengurangi kesempatan kotoran memasuki bagian dalam drive). Jika tombol bagian luar telah aus dan tidak bisa atau lama membuka tray drive, masukkan sebuah pin atau potongan kertas dalam lubang kecil pada muka drive DVD/CD-ROM. Jika tray tidak menutup, pastikan tak terdapat sesuatupun yang mengganjal tray, seperti memasukkan disc dengan tidak benar. Jangan memberi tekanan keras ketika menutup tray driver DVD/CD-ROM dan hindari menutup tray saat komputer sedang mati, bisa merusak komponen bagian dalam drive. Tray drive harus ditutup dengan tekanan yang lunak.



Selain masalah yang ada di atas tidak menutup kemungkinan masih ada lagi masalah yang mungkin terjadi pada CD-ROM/RW. Untuk sementara hanya itu sepengalaman saya jika ada yang kurang atau menemui masalah lain mengenai cd-rom/rw silahkan postkan masalah sobat mengenai CD-ROM/RW di kolom komentar supaya saya dapat mencari solusi dan juga menambahkan daftar masalah yang sering terjadi pada CD-ROM/RW  komputer. Tujuan dari artikel ini di buat tidak lain untuk membantu tman teman sekalian agar lebih perduli terhadap komputernya.




Sementara sekian dahulu mengenai masalah yang sering terjadipada CD-ROM/RW Komputer, somoga bermanfaat bagi sobat sekalian.jangan lupa untuk berkomentar, karna komentar anda adalah saran yang baik pada untuk kemajuan blog ini. Terima kasih telah menyempatkan waktu luang untuk membaca di Anterpass-77 . lihat artikel menarik lainya di blog ini. Dan sampai jumpa.......






Thanks viewing this my blog




Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

1 comments: