Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Cara Mengatasi Mouse Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

Bingung kenapa mouse anda tidak terdeteksi oleh laptop anda, masalah itu juga pernah saya alami pada waktu itu, tepatnya pada saa saya melakukan seminar di suatu tempat mengenai jaringan yang akan kami sebarkan di beberapa tempat di lampung.

Pada pagi hari mouse itu masih bisa di gunakan, tapi pas sampai di tempat yang akan saya dan kawan kawan memberi materi tiba tiba mouse saya ngadat alias tidak konek atau bisa di sebuat tidak terdeteksioleh laptop saya, dan terpaksa saya memakai touch paad yang ada pada laptop saya, karna tidak biasa menggunakan touch paad pada laptop akhirnya saya mencari solusinya. 

Solusinya saya temukan berdasarkan arahan dari kakak saya yang kebetulan seorang teknisi komputer, namun pada waktu itu di tidak sedang dirumah melainkan di jakarta. Jadi kakak saya cuman bisa ngasih arahan melalui telepon, yah walaupun agak sedikit bingung pada saat itu tentang bahasa yang di pakai kakak dalam mengarahkan sya. Tapi akhirnnya berhasil juga kok, hehhe....

Cara yang ke dua dulu saya gunakan dan alhamdulilah berhasil, dan sejak saat itu saya menjadi tertarik belajar mengenai hardware dan apa saja masalahnya, dan beginilah hasil experimen saya selama ada menjadi teknisi komputer di toko milik kakak saya sendiri.

Solusi ini bisa di gunakan dengan cacatan :
  • Mouse tidak mengalami kerusakan hardware
  • Secara kasap masih layak untuk di pakai
  • Kabel tidak korosi (pengkaratan pada kabel)
  • Usb tidak ada yang bengkok
  • Lampu LAD masih hidup

Solusi pertama (1)
  •  Buka pengaturan mouse, klik kanan >> personalize
  •  Klik change mouse pointers
  •  Pindah ke tap ELAN, disitu hidupkan device dengan klik enable divice Karna mungkin saja device mouse kamu terdisable
  •  Hilangkan juga ceklis pada “disable when external USB pointing device plug in
  •  Dah coba mouse kamu gerakin udah detek apa belom
  •  jika cara di atas udah di coba tapi masih belom berhasil maka coba cara ke dua

solusi ke dua (2)
  • buka control panel lalu pada kotak search ketikan “device manager
  • klik device manager
  • disini arah kan pointer anda ke bagian “scanning for hardware change
  • klik scanning for hardware change beberapa kali dan sekarang coba gerakkan mouse anda
  • cara ini menurut saya paling ampuh, karena bisa jadi device properti kamu tidak bisa scanning hard ware secara otomatis.
  • Jika cara ke dua ini belum berhasil juga silahkan coba solusi ke tiga

Solusi ke tiga (3)
  • Buka divice manager seperti tadi 
  •  Selanjutnya klik kanan pada “mace and other pointing device”
  •  Pilih properti , lalu pindah pada tab driver
  •  Uninstall driver ELAN kamu kemudian install lagi 
  •  Install kembali driver ELAN anda dengan catatan mouse sudah terpasang di laptop anda
  •  Dan restart, serang coba cek apakah mouse anda sudah bisa di gunakan apa blom

Apa bila solusi di atas sudah di lakukan dan tidak berhasil maka anda coba pakai mouse itu di komputer atau laptop milik teman anda, karna bisa jadi bukan laptop anda yang rusak tapi mouse andalah yang ternyata minta di LEM>BI>RU hahahhaa.
...

Good luck dah karna semacam masalah ini sering sekali terjadi pada laptop atau komputer bahkan notebook pun sering mengalaminya. Karna itu dari pada harus mengalami hal ini dan tidak menemukan solusinya,lebih baik anda melakukan perawatan terhadap laptop anda agar tetap gesit dan tetap dalam keadaan yang baik.

baca juga cara memperbaiki bloetooth pada android

Okey sekian finishing dari cerita dekil dari seorang gambang teknisi yang gokil abiss, semoga bermanfaat ya,.....

Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment