Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

jaringan dan macam peralatan jaringan komputer

Jaringan computer dan macam macam peralatan jaringan

Pengertian jaringan komputer


             Jaringan (network) merupakan system operasi  atas beberapa computer dan perangkat jaringan lainya Yang  saling terkoneksi  dengan atau tanpa kabel
dan  bekerja bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan.  Di dalam jaringan ada yang namanya nodes yang dimana masing masing nodes mempunyai fungsi masing masing, seperti nodes yang berfungsi sebagai sebagai server dan nodes client.  Jadi jaringan computer merupakan sekumpulan computer yang saling terhubung danlam suatu jaringan.  Adapun tujuan dari jaringan computer  diantaranya :

@ membantu mempercepat proses pembagian data (sharing data )
@ memaksimalkan managejemen sumbar daya agar lebih efisien
@ membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date
@ membantu kelompok kerja dalam berkomunikasi dengan lebih efisien
@ memudahkan kelompok dalam hal memberikan informasi dan berkomukasi


Macam macam perangkat jaringan



1 .  NIC (Network Interface Card)

NIC (Network Interface Card) atau yang biasa disebut LAN card ini adalah sebuah kartu jaringan pada computer yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Nic biasanya sudah terpasang secara langsung di computer/laptop (ONboard) . 

2 .  kabel
Kabel adalah sebuah alat yang biasa digunakan sebagai media penghubung. Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini kabel sudah jarang sekali di gunakan, karena sekarang sudah ada teknologi tanpa kabel (wireless). namun kabel masih sering digunakan karena mudah dalam pengoperasiannya. 


Di dalam membangun sebuah jaringan ada beberapa tipe kabel yang biasa di gunakan, diantaranya :
>>Kabel Coaxial
>> kabel Twisted Pair     
  •           UTP (Unshielded Twisted Pair)
  •           STP (Shielded Twisted Pair)

>> Kabel Fiber Optik

baca juga penjelasan terkait kabel : kabel UTP dan STP

3 . HUB dan Switch
Hub adalah sebuah peralatan jaringan yang digunakan untuk  mengubungkan beberapa computer dengan perangkat jaringan lainya. hub juga bisa di sebut jembatan yang menghubungkan beberapa computer ke serve atu sebaliknya.  Hub mempunyai beberapa varian port , seperti  8, 16, 24, sampai 38 port.



Switch pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama seperti HUB, yang membedakanya adalah switch lebih pintar dari pada hub mengapa? Karena switch mampu menganalisa paket data yang melewatinya sebelum di kirim ke tujuan, selian itu switch juga mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat dari hub, baik transfer data dari server ke client maupun sebiknya.


4 . Modem


Modem mempunyai tugas mengubah sinyal digital ke sinyal analog yang dapat di pahami oleh computer maupun sebaliknya, oleh karna itu modem juga sering di sebut penghubung jaringan LAN dengan internet


5 . Repeater


Repeater adalah sebuah komponen yang berfungsi memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama sehingga dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.


6 . Router


Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau menfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Sama seperti hub/switch, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan seperti jaringan model LAN, MAN, bahkan WAN.


7 . Bridge


Fungsi dari bridge hampir sama dengan repeater, tetapi bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. Misalnya, jaringan ethernet baseband denagn ethernet broadband. Bridge dapat pula menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel berbeda ataupun topologi yang berbeda. Bridge dapat mengetahui alamat ip setiap komputer pada tiap-tiap jaringan.


            itulah ulasan mengenai jaringan komputer dan macam macam perangkat jaringan, mungkin sangat banyak kekurangan dalam penyajiannya , oleh karna itu mohon kritikanya supaya saya bisa memperbaiki dan mengulasnya dalam bentuk yang lebih sempurna. terima kasih dan semoga bermanfaat. salam TKJ comunity.,,.....   :-D


Socializer Anterpass77
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment